6 Perbedaan Android Ice Cream Sandwich (ICS) dengan Jelly Bean

Friday, August 23rd 2013. | Teknologi |

Saat ini sudah banyak beredar versi Android terbaru yaitu Jelly Bean pada smartphone maupun tablet android tapi ada juga yang masih menggunakan versi Ice Cream Sandwich (ICS). Bagi yang membeli pun dibuat bingung mana yang terbaik untuk mereka? Mari kita simak penjelasan singkat kedua sistem operasi buatan Google yang ada pada device Android saat ini.

jelly bean vs ics


Android Jelly Bean versi 4.1.x
Memang tidak bisa dipungkiri jika sisi hardware ponsel/tablet android menentukan agar bisa diupgrade ke versi Jelly Bean tapi ini pun tidak sepenuhnya benar karena tergantung masing-masing vendor. Sebagai contoh saja Samsung Galaxy Tab 2 berlayar 7 inchi yang bertenaga prosesor dual-core 1GHz dan RAM 1 GHz sudah mendapatkan upgrade resmi Jelly Bean dari Samsung. Jadi versi ini tidak sepenuhnya memerlukan hardware yang speknya tinggi semisal quad-core prosesor.

Notifikasi bar menjadi salah satu daya tarik versi Android Jelly Bean dimana untuk mengaksesnya bisa dengan berbagai macam cara. Selain itu adanya tambahan berbagai macam bahasa pada browser bawaan sehingga pengguna pun bisa dengan leluasa menggunakan bahasa ibu tanpa harus menggunakan setting default berbahasa Inggris.

Selain itu fitur dari aplikasi Google Now menjadi hal yang favorit karena applikasi ini bisa menyediakan informasi penting untuk anda dimana saja dan kapan saja. Semisal anda berada di suatu negara maka dengan segera Google Now menunjukkan waktu lokal dan nilai tukar yang relevan. Selain itu pula aplikasi ini bisa memberi bantuan untuk memesankan tiket pesawat atau akomodasi lainnya jika anda ingin pulang. Mungkin bisa dibilang Google Now merupakan aplikasi pribadi layaknya Siri pada iOS buatan Apple.

Android Ice Cream Sandwich 4.0
Versi ICS merupakan upgrade dari penerus HoneyComb dan Gingerbread. Versi Gingerbread sebenarnya untuk smartphone sedangkan HoneyComb dipakai optimal untuk tablet android. Tapi ketika ICS diperkenalkan, Google menginginkan integrasi antara kedua versi tersebut dan menyatulah menjadi Android Ice Cream Sandwich. Jadi versi ICS merupakan versi pertama perpaduan sistem operasi antara tablet dan smartphone.

Multitasking merupakan fitur unggulan ICS karena pesaingnya iPad Apple belum mempunyai fitur ini. Pengguna bisa beralih dari aplikasi ke panel notifikasi, folder pun bisa ditampilkan pada layar home screen dan dikelompokkan pada beberapa icon. Selain itu widget dan lock screen bisa menuju ke aplikasi kamera atau notifikasi dimana sebelumnya hanya untuk membuka screen saja. Fungsi kamera pun dibenamkan fitur-fitur baru untuk mengambil gambar yang artistik, adanya aplikasi People (berubah menjadi Google Now pada Jelly Bean) yang memberi banyak info tentang semua orang yang ada pada kontak anda yang bisa ditemukan pada media social.

6 Perbedaan Dasar Jelly Bean dengan ICS

  1. Versi Jelly Bean lebih responsif, cepat dan halus dibandingkan ICS dikarenakan fitur unit untuk waktu vsync diperpanjang di semua sektor User Interface/Antar Muka.
  2. Jelly Bean bisa merespon lebih cepat bahkan ketika smartphone tidak aktif karena CPU input boost terbaru
  3. Jelly Bean memiliki notification bar multifungsi dimana aplikasinya bisa membuat pemberitahuan langsung degan berbagai macam konten yang dinamis.
  4. Jelly Bean mempunyai aplikasi widget yang lebih cerdas dan ukurannya pun bisa resizable.
  5. Fitur Google Now di Jelly Bean memberikan para pengguna Android info dan pola penggunaan yang lebih menarik dibandingkan ICS
  6. Jika sebelumnya anda terbiasa dengan ICS kemudian upgrade ke Jelly Bean pastinya tidak akan terlalu kesusahan berpindah aliran. Hanya saja versi Jelly Bean memerlukan versi hardware yang lebih tinggi untuk menjalankannya.