New Smartfren Andromax i 4.0 Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Wednesday, July 24th 2013. | Ponsel |

Nelpon.net – Smartfren tidak ada hentinya mengeluarkan bundle ponsel dual SIM GSM dan CDMA/EVDO dan yang paling laris yaitu Andromax i 4.0 dengan harga hanya sejutaan mampu menarik minat banyak konsumen. Desain dengan warna putih/hitam bodinya slim kurang dari 10mm dan elegan hanya saja sistem operasinya masih menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

smartfren andromax i


Dari sisi performa sudah dipersenjatai dengan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 1GHz dan RAM 512MB. Sebenarnya untuk menjalankan Android ICS dan beberapa aplikasi bawaan smartphone ini RAM yang didapat kurang mencukupi. Layar sentuh 4-inch sudah cukup memadai apalagi dilengkapi dengan teknologi layar IPS sehingga warna terlihat lebih jernih. Untuk internal memory 4GB sudah cukup untuk menginstal aplikasi, menampung file dan foto selain itu juga bisa menambah memori eksternal microSD sampai dengan 32GB.

new smartfren andromax i

Kamera 5 megapixel menjadi kamera utama lengkap dengan autofokus hanya saja tanpa LED flash tidak seperti kakaknya Andromax V. Sedangkan kamera depan sudah 1.3 megapixel yang bisa dipakai untuk video chat. Kualitas kamera cenderung biasa saja tapi dengan harga hanya 1.3 juta tentunya sudah cukup mumpuni untuk mengabadikan kegiatan.

fitur smartfren andromax i

Urusan konektifitas sudah tersedia bluetooth v3.0+A2DP, wifi 802.11 b/g/n, wifi tethering, accelerometer, proximity, ambience, dan magnetic field sensor, serta micro USB port. Ada juga FM radio jadi ga perlu susah untuk download aplikasi radio online di Google Play Store. Yang menjadi masalah adalah walaupun baterainya berkapasitas 1630 mAh ternyata lumayan boros. Cara menyiasatinya dengan menutup aplikasi yang tidak diperlukan, kemudian instal aplikasi Memory Cleaner yang cukup untuk refresh memory dan kalo saat charge ponsel sebaiknya dimatikan serta gunakan charger bawaan produsen.

Spesifikasi dari Smartfren Andromax i 4.0
Network: CDMA 2000 1x EVDO Rev.A dan GSM EDGE
Sistem operasi: Android Ice Cream Sandwich 4.0
Dimensi: 12.5 x 6.5 x 0.9 cm
Layar: 4-inch IPS WVGA kapasitif multi touch screen (5 point touch)
Kamera: 5 MP autofocus (utama) – 1.3MP (depan)
CPU: Dual-Core 1 GHz Snapdragon
GPU: Adreno 203
RAM: 512MB
Internal memory: 4GB
Eksternal memory: microSD up to 32GB
Baterai: Li-Ion 1630 mAh removable
Built-in GPS: Ya
Radio: FM stereo
Konektifitas: Wifi 802.11 b/g/n, Wifi hotspot, micro-USB 2.0, bluetooth 3.0+A2DP

Kelebihan Smartfren Andromax i
- harga relatif terjangkau untuk ukuran ponsel di kelasnya
- layar 4-inch IPS dan sudah multi touch screen
- performa bagus dengan prosesor dual-core 1GHz
- adanya fasilitas FM radio
- dual-ON GSM dan CDMA

Kekurangan Smartfren Andromax i
- GSM belum support konektifitas 3G/HSDPA
- baterai lumayan boros jadi perlu disiasati dengan menginstal aplikasi Memory Cleaner
- kualitas kamera cenderung biasa saja