Tips Menghemat Baterai Ponsel Blackberry

Thursday, July 11th 2013. | Tips Trik |

Nelpon.net – Blackberry masih menjadi gadget terlaris walaupun sudah tersaingi oleh smartphone Android. Baterai boros menjadi salah satu masalah serius karena disaat lagi asyik menelpon ataupun BBM tiba-tiba baterai drop dan ponsel langsung mati. Ikuti beberapa tips singkat berikut agar baterai bisa lebih hemat dan juga memperpanjang umur pakai baterai bb.

cara menghemat baterai blackberry


10 Cara Menghemat Baterai BB

1. Sinyal Jaringan Operator
Pilih sinyal dan jaringan operator yang bagus dan stabil karena ponsel BB tidak memerlukan daya yang banyak untuk mencari-cari sinyal yang lemah. Jika tetap mempertahankan SIM card dari operator dengan sinyal yang lemah bisa dipastikan baterai akan cepat panas dan cepat juga habis.

2. Mengubah ke Jaringan 2G
Di Indonesia kekuatan jaringan 3G/HSDPA belum maksimal dan masih banyak yang belum terjangkau. Handphone Blackberry yang support jaringan 3G tapi sinyal operator timbul tenggelam bisa dicoba mengubah setting menjadi 2G/EDGE karena biasanya sinyalnya lebih stabil. Tidak usah khawatir, BBM pun masih lancar walaupun dengan sinyal 2G. Pengaturannya bisa masuk ke menu Options ->Networks and Connections -> Mobile Network dan ubah network mode ke 2G.

3. Redupkan Layar Ponsel
Kecerahan layar menjadi salah satu penyebab borosnya baterai. Biasanya sekitar 50-60 persen daya baterai dipakai untuk cerah tidaknya layar ponsel. Untuk penggunaan sehari-hari tingkat kecerahan layar yang paling rendah pun masih cukup terang di Blackberry. Untuk pengaturannya masuk ke menu Options -> Screen/Keyboard kemudian atur Backlight Brightness menjadi 10 atau sesuaikan dengan kenyamanan.

4. Matikan Konektivitas Yang Tidak Terpakai
Tak jarang hal ini sering diabaikan para pengguna Blackberry dengan alasan agar ga ribet lagi mencari-cari setting padahal hal ini justru lumayan buat menghemat baterai. Wi-fi, Bluetooth dan GPS lebih baik digunakan disaat memang perlu saja, jika tidak lebih baik semua dimatikan.

5. Gunakan Fitur On/Off
Blackberry mempunyai fitur otomatis yang berfungsi mematikan ponsel dan juga hidup sesuai setting jam yang kita tentukan. Sebaiknya fitur ini digunakan agar ketika kita lelah dari aktivitas sehari-hari tidak terganggu lagi dari suara broadcast BBM dan tentunya juga lebih hemat baterai. Bisa masuk ke menu Options -> Devices -> Auto On/Off dan tanda centang (Enabled) untuk mengaktifkan. Atur waktu Weekday (Senin-Jumat) misal Turn On At: 07.00 dan Turn Off At: 22.00 trus atur juga Weekend (Sabtu-Minggu) jika memang diperlukan.

6. Gunakan Theme Default
Theme yang tersedia gratis maupun berbayar memang membuat tampilan home screen terlihat lebih segar dan beda dengan ponsel Blackberry yang lain. Tapi ternyata hal ini juga mempengaruhi boros tidaknya pemakaian baterai apalagi themenya menggunakan animasi. Lebih baik set ke theme bawaan default BB yang lebih ringan dan tanpa animasi berlebihan.

7. Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai
Jika banyak mengunduh aplikasi dari Blackberry World lebih baik diseleksi dulu mana aplikasi yang memang benar-benar perlu dan mana yang jarang atau mungkin tidak pernah digunakan. Delete semua aplikasi tersebut melalui menu Options -> Advance Option -> Application kemudian Delete/hapus semua aplikasi yang tidak perlu.

8. Tutup Aplikasi Dengan Benar
Sering terjadi tiba-tiba baterai Blackberry panas kemudian baterai langsung drop padahal sebelumnya adem ayem aja. Selidik punya selidik ternyata ada game yang belum ditutup sempurna sehingga masih berjalan di background. Caranya cukup gampang, ini yang biasanya disalah artikan. Jangan menutup aplikasi dengan menekan tombol End karena aplikasi/game akan tetap berjalan di background. Lebih baik tutup dengan tombol Escape atau melalu menu dan pilih Close.

9. Atur Fungsi Profile
Sesuaikan pengaturan profile agar lebih irit baterai semisal nada dering tidak terlalu keras, tidak usah menggunakan LED notification, matikan mode getar semasih fungsi suara masih aktif.

10. Atur Backlight Timeout
Fungsi ini biasanya sudah langsung aktif di ponsel BB tapi tidak ada salahnya dicek lagi lewat menu Options -> Screen/Keyboard -> Backlight Timeout lebih baik atur ke waktu yang paling singkat semisal 10 second/detik. Sehingga layar jika tidak digunakan lebih dari 10 detik akan mati secara otomatis.

Itulah sepuluh tips singkat agar baterai Blackberry lebih hemat dan tentunya jangka waktu pengisian baterai juga lebih jarang. Semoga BB anda bisa lebih awet baterainya ya dan jangan lupa kirim komentar dibawah.