Samsung Galaxy Chat GT-B5330 Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Wednesday, July 10th 2013. | Ponsel |

Nelpon.net – Samsung Galaxy Chat merupakan ponsel smartphone android satu-satunya yang masih menggunakan keyboard fisik qwerty. Banyak yang masih memerlukan tombol fisik seperti Blackberry dan hal ini direspon oleh pihak Samsung.

samsung galaxy chat


Dengan layar 3-inch TFT kapasitif touchscreen 256 ribu warna yang tidak adanya tombol virtual tentunya membuat layar lebih lapang dibandingkan ponsel 3-inch dengan virtual keyboard. Dengan resolusi 240×320 pixel masih cukup nyaman hanya saja resolusinya berpengaruh dengan kompatibilas aplikasi yang ingin di-install.

samsung galaxy chat b5330

Desainnya cukup elegan walaupun semuanya dibalut dengan casing glossy warna putih. Tombol keypad nyaman untuk ditekan hanya saja mungkin terlalu kecil yang mempunyai jari besar dan bisa mengetik menggunakan ujung kuku. Kadang kala ketika mengetik tidak sengaja menyentuh tombol Home dan ini yang biasanya agak menjengkelkan ketika asik maen game tiba-tiba balik ke home screen.

Sistem operasi sudah menggunakan Ice Cream Sandwich (ICS v4.0) dan katanya akan mendapatkan update Jelly Bean. Sangat berbeda dengan ponsel Samsung yang lain walau dengan spek yang lebih tinggi dari Galaxy Chat ternyata masih menggunakan versi OS Ginger Bread (v2.3).

Dengan RAM 512MB dan internal memory 4GB (2GB user available) sudah cukup menjalankan aplikasi ringan, browsing, social network, path, dan game-game ringan. Widget pada home screen masih tergolong standar bawaan android dan bisa dipasang sampai dengan 7 jendela. Untuk mendengarkan ada beberapa macam equalizer yang bisa diset yaitu Pop, Rock, Dance, Jazz, Classic, Vocal, Bass boost, Treble boost, Virtual 7.1 ch, Externalization, Cafe, Concert hall, dan Custom (setting manual). Ada yang menarik, setting play speed bisa untuk mempercepat/memperlambat lagu yang sepertinya tidak ada di ponsel lain.

samsung galaxy chat spesifikasi

Fungsi kamera tergolong standar dan tidak ada tombol fisik seperti punya Sony Xperia. Maklum ponsel ini menyasar low end dan ada beberapa mode pilihan seperti Single shot, Smile Shot, Panorama, dan Share shot. Hasilnya pun lumayan keren dengan mengatur scene mode, effect, exposure, effect, dll tentunya menambah pengalaman menangkap objek yang menghasilkan foto yang berbeda-beda.

Bagi yang kesulitan mendapatkan versi Android dengan keyboard fisik, Samsung Galaxy Chat B5330 ini merupakan pilihan terbaik dan sangat direkomendasikan bagi yang punya budget terbatas ataupun hanya dipake sebagi ponsel cadangan.

Spesifikasi Samsung Galaxy Chat
- Jaringan: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 900/2100
- Layar: 3-inch TFT capacitive touchscreen, 256K warna, 240×320 pixels
- Dimensi/Berat: 118.9 x 59.3 x 11.7 mm/112 grams
- Internal storage: 4GB (2GB user available)
- RAM: 512MB
- CPU: ARM v7 850 MHz
- Kamera: 2 MP (1600×1200 pixel); kamera depan (tidak); video record VGA @15fps
- Baterai: Li-Ion 1200 mAh (removable)
- GPS: Ya, A-GPS, GLONASS
- Connectivity: Wifi 802.11 b/g; Wifi hotspot; bluetooth 3.0+A2DP, microUSB 2.0
- Harga: Rp 1.120.000,- (Juli 2013)

Kelebihan Samsung Galaxy Chat GT-B5330
- ada tombol fisik qwerty
- harga murah
- sistem operasi sudah ICS v4.0
- baterai lumayan hemat walau dipake seharian
- internal storage 2GB lumayan besar dan ada tambahan eksternal microSD
- ada fasilitas hotspot

Kekurangan Samsung Galaxy Chat Smartphone
- tidak ada kamera depan
- layar kurang tajam
- tombol home screen sering tidak sengaja tertekan
- video recording masih VGA
- tidak ada LED notifikasi ketika ada sms atau aplikasi lain yang memanfaatkan itu.